Katarak - Katarak Mata, Operasi Katarak, Penyakit Katarak, Penyebab Katarak, Obat Mata

Katarak adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak bias menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi jalan cahaya. Penyakit katarak banyak terjadi di negara-negara tropis sepeti di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan faktor penyebab katarak, yakni sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. 

Katarak biasanya terjadi karena beberapa faktor antara lain ; kadar kalsium darah yang rendah, diabetes, pemakaian kortikosteroid jangka panjang, berbagai penyakit peradangan dan penyakitmetabolik, faktor lingkungan (trauma, penyinaran, sinar ultraviolet), proses degenerative (bertambahnya usia seseorang), operasi mata sebelumnya. Secara umum ada 4 jenis katarak yaitu congenital (katarak yang terjadi sejak bayi lahir dan berkembang pada tahun pertama dalam hidupnya), traumatik (katarak yang terjadi kecelakaan pada mata), sekunder (katarak yang disebabkan oleh konsumsi obat seperti prednisone dan kortikosteroid, serta penderita diabetes), katarak yang berkaitan dengan usia (nuclear sclerosis, cortical, dan posterior subcapsular).

Gejala yang di alami penderita katarak meliputi : a). penglihatan tidak jelas, penurunan ketajaman mata, b). peka terhadap sinar atau cahaya, c). memerlukan pencahayaan yang terang untuk dapat membaca, d). Lensa mata menjadi buram seperti kaca susu, e). sering ganti kaca mata, f). penglihatan ganda pada salah satu mata.

Pengobatan yang dapat di lakukan adalah dengan cara pembedahan atau operasi mata. Lapisan di mata diangkat dan diganti dengan lensa buatan (lensa intraokuler) atau operasi dengan sinar laser. 

Untuk mencegah terjadinya penyakit katarak kita dapat melakukan pengontrolan penyakit yang berhubungan dengan katarak dan menghindari faktor-faktor  yang mempercepat terbentuknya katarak, menggunakan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan pada siang hari, berhenti merokok bisa  mengurangi resiko terjadinya katarak, makan makanan yang baik untuk mata (mengandung Beta Carotene atau antioksidan).
 =====================================================                                     


Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang layanan jasa dan penyedia produk motivasi, hipnoterapi, serta pengembangan kepribadian.


MediaSugesti hingga saat ini memiliki berbagai produk unggulan, yaitu :


MediaSugesti juga menyajikan berbagai jasa sebagai berikut :


 ------------------------------------------------------------------------------------------------
Tahu Tuna” tahu special, rasanya enak penuh gizi……!!!!!!



Anda berminat hubungi Kami….!!!!!!

Jl. Gubeng Kertajaya 7c No. 56, Surabaya

Telp. 087 854 552 660




Tidak ada komentar:

Posting Komentar