Ablasio, Penyakit Pada Mata, Penyebab Penyakit Mata, Obat Penyakit Mata, Mata Ikan, Pencegahan Penyakit Mata

Ablasio adalah suatu keadaan lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina (RIDE) atau terpisahnya/terlepasnya retina dari jaringan penyokong di bawahnya. Kejadian ini serupa dengan wallpaper yang terkelupas dari dinding. Jaringan saraf yang membentuk bagian peka cahaya pada retina membentuk suatu selaput tipis yang melekat erat pada jaringan penyokong di bawahnya. Jika kedua lapisan tersebut terpisah, maka retina tidak dapat berfungsi dan jika tidak kembali disatukan bisa terjadi kerusakan permanen.

Adapun penyebab ablasio antara lain adalah menyusutnya korpus vitreum (bahan jernih seperti agar-agar yang mengisi bagian tengan bola mata), proses penuaan, trauma, diabetes berat, penyakit peradangan, retinopati akibat prematuritas (pada bayi premature), myopia (rabun jauh), ada riwayat ablasio retina dalam keluarga, ablasio retina pada mata yang lain, pernah mengalami operasi mata, ada daerah retina yang tipis/lemah yang dilihat oleh dokter mata.

Gejala-gejala Ablasio antara lain ialah  kilauan-kilauan cahaya pada mata, floater, melihat seperti ada lapisan hitam yang menutupi sebagian atau seluruh pandangan, hilangnya fungsi penglihatan (awalnya terjadi pada salah satu bagian dari lapang pandang, tetapi kemudian menyebar sejalan dengan perkembangan ablasio),  gangguan penglihatan dan penglihatan menjadi kabur.

Diagnosa, diagnosis di lakukan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keutuhan retina antara lain ; a). Oftalmoskopi direk dan indirek, b). Ketajaman penglihatan, c). Tes refraksi, d). Respon refleks pupil, e). Gangguan pengenalan warna, f). Pemeriksaan slit lamp, g). tekanan intraokuler, h). USG mata, i) Angiografi fluoresensi, j). Elektroretinogram.

Bagaimana cara penyembuhan ablasio?
Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan ablasio adalah dengan :

a). pembedahan laser digunakan untuk menutup lubang atau robekan pada retina yang biasanya ditemukan sebelum terjadi ablasio,
b). kriopeksi (pemberian dingin dengan jarum es) akan terbentuk jaringan parut yang melekatkan retina pada jaringan di bawahnya, teknik ini digunakan bersamaan dengan penyuntikan gelembung udara dan kepala dipertahankan pada posisi tertentu untuk mencegah penimbunan kembali cairan di belakang retina,
c). penempelan kembali retina melalui pembedahan terdiri dari pembuatan lekukan pada sclera (bagian putih retina) untuk mengurangi tekanan pada retina sehingga retina kembali menempel.

Sebagai tindak pencegahan kita dapat menggunakan kaca mata pelindung untuk mencegah terjadinya trauma pada mata, penderita diabetes sebaiknya mengkontrol kadar gula darahnya secara seksama, periksakan mata minimal setahun sekali ( jika anda memiliki resiko menderita ablasio retina).
======================================================

Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang layanan jasa dan penyedia produk motivasi, hipnoterapi, serta pengembangan kepribadian.

MediaSugesti hingga saat ini memiliki berbagai produk unggulan, yaitu :
MediaSugesti juga menyajikan berbagai jasa sebagai berikut :
-------------------------------------------------------------------------------------------
Tahu Tuna” tahu special, rasanya enak penuh gizi……!!!!!!

Anda berminat hubungi Kami….!!!!!!
Jl. Gubeng Kertajaya 7c No. 56, Surabaya
Telp. 087 854 552 660 / 087 854 930 737

Tidak ada komentar:

Posting Komentar